METODE BERMAIN KELOMPOK DENGAN CARA MENGGUNTING UNTUK MENINGKATKAN MOTORIK HALUS ANAK DI TK KARTINI MATARAM KECAMATAN MATARAM KELOMPOK B SEMESTER II TAHUN AJARAN 2016 / 2017
Abstract
Pendidikan anak usia dini merupakan suatu upaya pembinaan yang ditujukan pada anak sejak lahir sampai dengan usia 6 tahun, yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani, agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki pendidikan lebih lanjut. Penelitian dilaksanakan di TK Kartini Mataram Kecamatan Mataram. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk mengetahui apakah bermain kelompok dengan cara menggunting dapat meningkatkan kemampuan fisik motoric halus anak. Metode pengumpulan datanya adalah hasil karya, metoe pengumpulan datanya adalah deskriptif. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah bermain kelompok dengan cara menggunting dapat meningkatkan kemampuan fisik motoric halus anak. Terbukti dari hasil yang diperoleh pada observasi awal hanya 5 (50%) anak baru mulai berkembang dengan penilaian bintang 2 (**) pada siklus I setelah diberikan tindakan 4 (40%) anak sudah berkembang sesuai harapan dengan penilaian bintang 3 (***). Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini adalah bermain kelompok dengan cara menggunting dapat meningkatkan kemampuan fisik motoric halus anak.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Montolalu. 2008. Bermain Permainan Anak. Jakarta:Universitas Terbuka.
Nana Sudjana. 2000. http://www.scribd.com/doc/9037208/
Nugraha, Ali, dkk. 2008. Program Pelibatan Orang Tua Dan Masyarakat. Jakarta:Universitas Terbuka.
Nur, Mohamad et al. 2001. Teori Belajar. Surabaya: University Press.
Oberlander, June R. 2000. Slow and steady get me ready. Jakarta: Primamedia Pustaka.
Oemar Hamallk. 2003. Proses Belajar Mengajar. BukiAksara: Jakarta.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41 Tahun 2007 Tanggal 23 November 2007. Jakarta: Depdiknas.
Prastiwi, Ristu, dkk. 2010. Buku Tematik Peduli Lingkungan. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Piaget, J. 1969. The Child Conception of Physical Causality. New Jersey: Little Field, Adam & Co.
Sriyono. 1992. http://www.scribd.com/doc/9037208/
Sudjana, Nana. 2002. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sudono, Anggani. 2004. Sumber Belajar dan Alat Permainan Untuk Pendidikan Usia Dini. Jakarta: PT. Grasindo.
Sujiono, Yuliani Nurani. 2007. Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sujiono, Yuliani Nurani. 2009. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Yuliani Nurani Sujiono.
Sujiono, Yuliani Nurani. Metode pengembangan Kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.
Sukidin, Basrowi, Suranto. 2002. Manajemen Penelitian Tindakan Kelas.
Penerbit: Insan Cendekia ISBN: 979 9048 33 4.
Sulistyo, Ari. 2011. Panduan Mengajar dan Mendidik Anak Usia Dini. Depok: MIllenia Pustaka.
Tim Prima Pena. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Gramedia Press.
Udin, S. W. 1997. Teori Belajar dan Model – Model Pembelajaran. Depdikbud:Jakarta.
Weaver, Mary. 2003. Kegiatan untuk Anak Dini Usia. Jakarta: PT. Primamedia Pustaka.
Winda, Gunarti, Lilis Suryani, Azizah MUIZ. 2008. Metode Pengembangan Prilaku dan Kemampuan Dasar Anak Usia Dini. Edisi Kesatu. Jakarta: Universitas Terbuka.
Wojowasito. 1982. Kamus Umum Lengkap Inggris Indonesia – Indonesia Inggris.
Malang: Delta Citra Grafindo.
Yamin, H. Martinis dan Jamilah Sabri Sanan. 2010. Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Gaung Persada.
Yamin, H. Martinis dan Jamilah Sabri Sanan. 2013. Panduan PAUD. Ciputal: GaungPersada Press Group.
Yus, Anita. 2011. Penilaian Perkembangan Belajar Anak Taman Kanak – kanak .
Jakarta: Kencana Prenadan Media Group.
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v12i11.99
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats