PENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS X PN 1 SMKN 1 MATARAM SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2015/2016 MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT)

Rr Sri Anjrah Puspitorini

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui peningkatan hasil kemampuan menulis Teks eksposisi dan peningkatan  hasil belajar Bahasa Indonesia  siswa   kelas X PN 1 SMKN 1 Mataram semester ganjil tahun pelajaran 2015/2016 melalui penggunaan metode pembelajaran  TGT. .

Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu Siswa  kelas X PN 1 SMK Negeri  1 Mataram,  Sedangkan prosedur penelitian melalui tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian  menunjukkan bahwa  kemempuan siswa menulis Teks eksposisi dan hasil  belajar  Bahasa Indonesia  X PN 1  SMK Negeri  1 Mataram Semester ganjil  tahun  pelajaran  2015/2016, dengan menggunakan metode pembelajaran TGT  dapat ditingkatkan dengan hasil akhir penelitian adalah,rata-rata pada siklus I, 72,5 dengan ketuntasan klasikal 40,5 % dan  74,24  dengan capaian klasikal  42.86  meningkat menjadi rata-rata 89,70   dengan ketuntasan klasikal 88,10%   untuk kemampuan munulis teks eksposisi , dan hasil belajar rata-ra mencapai 79,5   dengan capaian klasikal 83,3   pada siklus II. Capaian kemampuan menulis Teks eksposisidan hasil belajar siswa  tentunya sudah mencapai dan bahkan melampaui KKM  di SMKN 1 Mataram sebesar 75.  Meningkatnya kemampuan  Siswa  dalam pembelajaran Bahasa Indonesia  didukung oleh meningkatnya kegiatan guru dalam mempertahankan  dan meningkatkan suasana belajar yang menggunakan  metode pembelajaran TGT hal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan kegiatan guru dimana pada siklus I diperoleh skor 3,92, menjadi 4,62 pada siklus II atau berada pada kategori meningkat dan sudah tercapai.


Keywords


Kemampuan menulis Teks eksposisi , Hasil belajar Bahasa Indonesia dan Metode Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT).

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu, Drs. H, dkk. 2005. SBM (Strategi Belajar Mengajar) untuk Fakultas Tarbiyah Komponen MKDK. Bandung: CV Pustaka Setia

Arifin, Z., dkk. 1992. Pemakaian Bahasa dalam Teks Eksposisi

Depdikbud. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Depdikbud

Depdiknas. 2006. Peraturan Mendiknas RI, Nomor 22 Tahun 2006. Jakarta : Diknas

Hasibuan,J J, Drs. Dkk. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja

Karwapi. 1975. Guru Sekolah Dasar Beberapa Masalah dan Pendekatannya. Surabaya : F.A. Hasmar.

Puskur . 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Balitbang Depdiknas.

Sukardi, Dewa Ketut. 1983. Bimbingan dan Penyuluhan Belajar di Sekolah. Surabaya: Usaha Nasional.

Sumartono. 1971. Tes Hasil Belajar. Semarang: Depdikbud.

Sunarto. 2004. Pelengkap Materi Pokok Bahasa Indonesia SMP-SMA. Nganjuk: Latanza

https://gigyhardians.wordpress.com/2013/01/03/metode-pembelajaran-TGT

Adiel. 2009. Analisis Struktur Wacana Teks Eksposisi. http://adiel87.blogspot.com/.

https://notepam.com/teks-Teks Eksposisi




DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v13i8.225

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH

ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats