MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PENGGUNAAN ALAT PERAGA MATERI PECAHAN PADA SISWA KELAS IV SDN 6 MATARAM
Abstract
Abstrak
Dalam pelaksanaan pembelajaran matematika kelas IV di SD Negeri 6 Mataram, secara umum masih belum maksimal, seperti iklim belajar kurang mendukung dan pembelajaran masih berpusat pada guru. Proses pembelajaran masih didominasi oleh model pembelajaran yang kurang memberi kesempatan kepada siswa untuk belajar mandiri, tujuan pembelajaran hanya berorientasi pada pengembangan aspek kognitif pada peringkat rendah. Pada umumnya guru mengajar berdasarkan teks, tanpa memperhatikan lingkungan dan kebutuhan siswa, guru mendengar dan menstransfer ilmunya, melalui metode ceramah, guru kurang terlatih menggunakan model pembelajaran keterampilan proses. Guru kurang memiliki kemampuan untuk memilih metode pembelajaran yang tepat, guru merasa kesulitan menentukan alat peraga yang mendukung tercapainya penguasaan kompetensi yang ditargetkan sesuai standar isi.Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan alat peraga dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 6 Mataram tahun pelajaran 2017 – 2018.Subjek penelitian ini adalah kelas IV dengan jumlah siswa 40 orang. Adapun dalam penelitian ini, peneliti akan melaksanakan dua siklus, secara skematis, siklus pembelajaran yang peneliti laksanakan dalam penelitian tindakan kelas. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas dapat disimpulkan bahwa penggunaan alat peraga dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi pecahan sederhana di kelas IV SDN 6 Mataram. Adapun indikator penelitian ini adalah bila hasil belajar siswa 85 % berhasil mencapai nilai ³ 70.. Pada pra siklus, nilai rata-rata siswa 61,25 dengan ketuntasan klasikalnya hanya 40% dengan kategori rendah. Pada siklus I, mengalami peningkatan nilai rata-rata kelas sebesar 75,25 dengan ketuntasan klasikalnya 77,50 %, namun masih ada siswa sebanyak 22,50% yang belum tuntas. Pada siklus II, Siswa sudah menunjukkan antusias dan keaktifannya dalam belajar , hal ini nampak dari adanya peningkatan nilai rata-rata kelas 95,75 dan ketuntasan klasikal sebesar 100% dengan kategori sangat baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto,S.2007. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Asdi Mahasetya,
Anitah W, Sri dkk. 2014. Startegi Pembelajaran di SD. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka,
FKIP-UT, Tim. 2014. Pemantapan Kemampuan Profesional. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka,
Fajariyah, Nur. 2008. Cerdas Berhitung Matematika 3. Jakarta: CV. Putra Nugraha,
Muhestyo,Gatot dkk.2016. Pembelajaran matematika SD. Tangerang Selatan. Universitas terbuka
Aqil, Zainal, 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : CV. Yrama Widya
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v13i8.231
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats