PENERAPAN METODE KARTU DOMINO UNTUK MENINGKATKAN MOTIVAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA PESERTA DIDIK KELAS IX G SMPN 8 MATARAM SEMESTER 1 TAHUN PELAJARAN 2017/2018
Abstract
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar peserta didik setelah menerapkanMetode Kartu Domino pada Mata Pelajaran IPA pada kelasIX G semester 1 Tahun pelajaran 2017/2018 di SMPN 8 Mataram. Penelitian ini dirancang dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IX G SMP Negeri 8 Mataram, yang berjumlah 36 orang. Sedangkan prosedur penelitian melalui tahapan yaitu Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi dan hasil belajar IPA peserta didik kelas IX G SMP Negeri 8 Mataram Semester 1 tahun pelajaran 2017/2018, melalui Metode Kartu Domino dapat ditingkatkan dengan hasil akhir penelitian adalah motivasi belajar pada siklus I (2.92) dengan capaian klasikal 73,22, meningkat menjadi rata-rata (3.04), dengan ketuntasan klasikal 83.33 % pada siklus II begitu pula halnya dengan nilai hasil belajar pada siklus I (78.04) dengan capaian klasikal 61.11% dan mengalami peningkatan yakni rata-rata 83.70 dengan capaian klasikal 83.33 %. Memperhatikan hasil diatas tentunya sudah mencapai dan bahkan melampaui KKM di SMPN 8 Mataram sebesar 75. Meningkatnya kegiatan peserta didik dalam pembelajaran IPA didukung oleh meningkatnya kegiatan guru dalam mempertahankan dan meningkatkan suasana belajar yang menggunakan pembelajaran melalui Metode Kartu Dominohal ini dapat dilihat dari hasil pengamatan kegiatan guru dimana pada siklus I diperoleh skor 3,53, menjadi 4,33 pada siklus II atau berada pada kategori sangat baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A.Azis Wahab. 1989. Evaluasi Pendidikan , LPPMP FPIPS IKIP Bandung.
Ahmad Tafsir. 2008. Strategi Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah. Bandung: Maestro
AG. Pringgodigdo dkk. 1993. Ensiklopedi Umum, Yogyakarta : Yayasan Kanisuius Arsyad, Azhar. 1997. Media Pengajaran. Jakarta : Raja Grafindo Perkasa
Arikunto. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara
Kaifa Depdiknas, 2006. Standar Kompetensi mata pelajaran IPA SD . Jakarta Goleman, Daniel. 2000. Emotional Intelligence (terjemahan). Jakata : PT Gramedia Kaifa Joni , T. R. 1992. Pendekatan Cara Belajar peserta didik Aktif. Jakarta : Universitas Terbuka
Rahadi, Aristo. 2004. Media dalam Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta Suharsimi Susilana, Rudi & Riyana, Cepi. 2007. Media Pembelajaran : Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian, Bandung : Wacana Prima
(https://id.wikipedia.org/wiki/Model Pembelajaran Kartu Domino)
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v12i8.50
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats