PENGARUH MANAJEMEN KOPERASI DAN STRATEGI PEMASARAN POINT OF PURCHASE TERHADAP KESIAPAN BERWIRAUSAHA PADA PENGURUS KOPERASI MAHASISWA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh antara manajemen koperasi dan strategi pemasaran Point Of Purchase terhadap kesiapan berwirausaha pada pengurus koperasi Mahasiswa Amanah STKIP PGRI Tulungagung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif korelasional dengan pengumpulan data masing-masing variabel menggunakan angket, dengan jumlah pernyataan masing-masing variabel 20 pernyataan, responden pada penelitian ini berjumlah 30 mahasiswa. Hasil penelitian menemukan ada pengaruh secara parsial antara manajemen koperasi terhadap kesiapan berwirausaha tetapi tidak ada pengaruh secara parsial antara strategi pemasaran point of purchase terhadap kesiapan berwirausaha pada pengurus koperasi mahasiswa. Secara simultan ada pengaruh signifikan antara manajemen koperasi dan strategi pemasaran point of purchase terhadap kesiapan berwirausaha. Temuan dalam penelitian ini adalah bahwa indikator kesiapan berwirausaha bisa ditambah dengan adanya keharusan untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Untuk manajemen koperasi ditemukan indikator baru adanya perasaan senasib seperjuangan atau kesatuan visi misi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Darpujiyanto. (2010). Pembelajaran Yang Menumbuhkan Minat Mahasiswa Berwirausaha. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia.
Wijayanti, L., Sutikno, T., & Sukarnati, S. (2016). Konstribusi Pengetahuan Kewirausahaan, Pengalaman Prakerin, Dan Kreativitas Terhadap Kesiapan Berwirausaha. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. https://doi.org/10.17977/jp.v1i7.6565
Indonesia, R. (2009). Presiden republik indonesia presiden republik indonesia, (September), 1–2. Retrieved from http://www2.pom.go.id/public/hukum_perundangan/pdf/Pengamanan rokok bagi kesehatan.pdf
Hendar. (2013). Manajemen Perusahaan Koperasi. Jakarta : Erlangga.
Gazley, A., Hunt, A., & McLaren, L. (2015). The effects of location-based-services on consumer purchase intention at point of purchase. European Journal of Marketing. https://doi.org/10.1108/EJM-01-2014-0012
Chandon, P., Hutchinson, J. W., Bradlow, E. T., & Young, S. H. (2009). Does in-store marketing work? effects of the number and position of shelf facings on brand attention and evaluation at the point of purchase. Journal of Marketing. https://doi.org/10.1509/jmkg.73.6.1
Quelch, J. a, & Cannon-bonventre, K. (1983). Better marketing at the point of purchase. Harvard Business Review.
Block, J. P., Chandra, A., McManus, K. D., & Willett, W. C. (2010). Point-of-purchase price and education intervention to reduce consumption of sugary soft drinks. American Journal of Public Health. https://doi.org/10.2105/AJPH.2009.17568
Bidang, D., Sumber, P., Manusia, D., Koperasi, K., Usaha, D. A. N., Dan, K., & Indonesia, R. (2010). Manajemen koperasi. Retrieved from https://dinkopukm.slemankab.go.id/wp-content/uploads/2018/07/Manajemen-Koperasi.pdf
Quelch, J. a, & Cannon-bonventre, K. (1983). Better marketing at the point of purchase. Harvard Business Review.
Keller, K. L. (2010). Factors in Advertising : R etrieval Cues Eect ran of vertisig on Evaluations. The Journal of Consumer Research.
Othman, N., Hashim, N., & Ab Wahid, H. (2012). Readiness towards entrepreneurship education. Education + Training. https://doi.org/10.1108/00400911211274837
Coduras, A., Saiz-Alvarez, J. M., & Ruiz, J. (2016). Measuring readiness for entrepreneurship: An information tool proposal. Journal of Innovation and Knowledge. https://doi.org/10.1016/j.jik.2016.02.003
Hendar. (2013). Manajemen Perusahaan Koperasi. Jakarta : Erlangga.
Farisanu, I. K. (2017). Akuntansi Koperasi. Manajemen Koperasi.
Angguna, Y. (2015). Upaya Pengembangan E-Government Dalam Pelayanan Publik Pada Dinas Koperasi Dan UKM Kota Malang. Jurnal Administrasi Publik Mahasiswa Universitas Brawijaya.
Ratumbuysang, M. F. N. G., & Rasyid, A. A. (2015a). Peranan orang tua, lingkungan, dan pembelajaran kewirausahaan terhadap kesiapan berwirausaha. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(1), 15. https://doi.org/10.21831/jpv.v5i1.6058
Wijayanti, L., Sutikno, T., & Sukarnati, S. (2016). Konstribusi Pengetahuan Kewirausahaan, Pengalaman Prakerin, Dan Kreativitas Terhadap Kesiapan Berwirausaha. Jurnal Pendidikan - Teori, Penelitian, Dan Pengembangan. https://doi.org/10.17977/jp.v1i7.6565
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v14i9.537
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats