PENGARUH LINGKUNGAN TEMPAT TINGGAL TERHADAP AJARAN AGAMA ISLAM SISWA
Abstract
Kondisi lingkungan sosial seseorang seringkali ikut mewarnai karakter seseorang, begitu juga siswa. Tulisan ini merupakan hasil penelitian peneliti seberapa jauh pengaruh lingkungan terhadap nilai-nilai agama yang diperoleh. Peneliti melakukan penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif dengan populasi 34 orang siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) 43 Rejang Lebong. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk mengetahui kesejajaran adalah teknik korelasi product moment yang dikemukakan oleh Pearson. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa lingkungan memberikan dampak yang signifikan pada ajaran agama yang diperoleh. Siswa yang memiliki lingkungan yang memadai dalam mempelajari agama membentuk prilaku agama positif, begitupun sebaliknya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahmansyah, wacana Pendidikan Islam, Jogjakarta, Global Pustaka Utama, 2005,
Agus Zainul Fitri, Pendidikan Karakter Berbasis Nilai dan Etika di Sekolah, Ar-Ruzz Media, Jogjakarta: 2012,
Ahmad D Marimba, pengantar filsafat pendidikan, Bandung ;
Aminudin Et el, Pendidikan Agama Islam, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006,
Depertemen Agama, kurikulum Berbasi Kompetensi Dan Kurikulum Hasil Belajar,
Palembang,: T. P, 2003, Departemen Agama, Pedoman Pendidikan Agama Islam untuk sekolah umum,Jakarta:Departemen Agama, 2004,
Depag RI, AL- Qur’an dan terjemah, PT. Syamil, cipta Madi, Bandung, 2005
Dra. Fauziayah lilis, M.Ag dan Setyawan Andi, Kebenaran Al-Qur’an dan Hadis 1, PT. TigaSerangkai Pustaka Mandiri, Malang: 2005,
Heri Noer dan Munzier, watak pendidikan Islam, Jakarta, Friska Agung: 2003,
GBHN.Pendidikan di Indonesia. 2006
Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta ;,
Hasan Langgulung, Manusia dan pendidikan suatu analisa dan psikologi dan pendidikan, Al Husana, Jakarta, 1995,
Heri Noer Aly, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Logos, 2002,
https://imuthohirin.wordpress.com/2013/05/04/peran-guru-agama-Islam-dalam- menigkatkan ahlkul karima
http://ilmu-pendidikan.net/profesi-kependidikan/guru/peran-guru-dalam-kegiatan- belajar-mengajar
Kartini Kartono, psikologi anak (psikologi perkembangan), Mandar Maju1995,
Lexy J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif, siswa Rosda Karya, Bandung: 2008
Muhaimin Et el, Paradigma Pendidikan Islam, Bandung:PT. Remaja Rosda Karya, 2002
Muhammad Kosim, Pemikiran Pendidikan Islam Ibn Khaldun: Keritis, Humanis, Religius, Rineka Cipta, Jakarta: 2012,
Muhaimin, Nuansa Baru Pendidikan Islam: (Mengurai Benang Kusut DuniaPendidikan),Jakarta: Raja Grafindo, 2006
Pendidikan, Kencana Prenada Media Grup, Jakarta: 2011,
Safni Rida, Ilmu Kalam, LP2 Stain Curup, Rejang Lebong, 2010,
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain, Setrategi Belajar Mengajar,”Skripsi. (Jur. Tarbiyah STAIN Curup, 2014),
Sugiyono.Metode penelitian kualitaif. Bandung: Alfabeta, 2005,
Zuhairini, dkk, Metodologi Pendidikan Agama, Solo: Ramadhan, 1993,
Zubaedi, Desain Pendidikan Karakter Konsepsi dan Aplikasinya Dalam Lembaga
DOI: https://doi.org/10.33758/mbi.v15i7.942
Refbacks
- There are currently no refbacks.
____________________________________________
MEDIA BINA ILMIAH
ISSN 1978-3787 (print) | 2615-3505( online)
Published by BINA PATRIA | Email: laloemipa@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats